Senin, 03 September 2012

HAKEKAT SYUKUR

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Saudara seiman dan seperjuangan, kehidupan manusia di muka bumi sebagai insan kamil pastilah membutuhkan berbagai kebutuhan. Entah itu kebutuhan rohani maupun jasmani yang harus saudara penuhi. Kemudian yang menjadi masalah dari mana saudara mendapatkan perlengkapan kebutuhan saudara?.... jawabnya mungkin bermacam-macam, tapi yang paling tepat dari semua jawaban saudara, bahwasanya semuanya dari Allah عزّوجلّ tuhan semesta alam yang bagi-Nya langit dan bumi adalah kekuasaan-Nya. Maka dari itu kita harus bersyukur sebagai tanda terima kasih kita kepada-Nya.


Apakah makna dari syukur yang sebenar-Nya ;

Syukur menurut KBBI (kamus besar bahasa Indonesia) adalah berterima kasih atas nikmat Allah عزّوجلّ, sedangkan menurut terminologi syukur adalah suatu bentuk terima kasih atas segala nikmat yang di berikan kepada manusia, di yakini dalam hati di ucapkan dalam bentuk pujian dan dilaksnakan sebagai amal sholih. Allah telah memperintahkan seluruh hamba-Nya yang memiliki kesadaran untuk bersyukur, termasuk saudara. Coba saudara renungkan ayat ini :

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُواْ لِي وَلاَ تَكْفُرُونِ


Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu , dan bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.(QS.2:152)


Setelah saudara membaca ayat tersebut, saudara harus tahu, seandainya saja Allah عزّوجلّ tidak memberikan kebutuhan (perlengkapan hidup) kepada saudara entah itu kebutuhan jiwa, raga, maupun wanita. Apakah saudara masih dapat hidup ? …… oleh karena itu kita semua wajib bersyukur kepada Allah عزّوجلّ, jika kita besyukur, rizqi plus kebahagiaan akan muncul dan menghampiri kita, dan jika kufur musibah plus dosa akan menghampri kita pula. Kemudian apakah yang menyebabkan saudara bersyukur?…. Allah عزّوجلّ berfirman dalam surat Al-Waqi’ah ayat 63-73. yang intinya seandainya saja semua yang ada di dunia ini tidak di ciptakan secara sempurna pasti kita tidak akan bisa hidup nyaman seperti ini.



HAKIKAT SYUKUR

Saudaraku seiman, tidak cukup seseorang itu bersyukur hanya dengan sujud syukur dan mengucapkan hamdalah. Hakikat syukur itu ada tiga yaitu; Pertama, ilmu; yaitu pengetahuan akan kesadaran bahwasanya semua ini dari datangnya Allah عزّوجلّ . Kedua, Keadaan; yaitu keadaan seseorang yang menyatakan kegembiraan yang timbul karena memperoleh nikmat .
ketiga, amalan; yaitu amalan yang di lakukan sebagai tanda syukur kepada Allah .sebagaimana firman Allah عزّوجلّ pada surat Al-Kautsar ayat 1-2:

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ
Yang artinya :

Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Rabbmu; dan berkorbanlah.


Saudara akan mendapatkan hal yang luar biasa dengan bersyukur, syukur adalah sebuah energy dahsyat yang akan membawa saudara pada nikmat hidup di dunia dan di akhirat. Allah berfirman dalam surat Luqman ayat 12 yang artinta : Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu: "Bersyukurlah kepada Allah عزّوجلّ . Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah عزّوجلّ Maha Kaya lagi Maha Terpuji".(QS.31:12)


Ayat ini menegaskan bahwasanya syukur itu tidak untuk siapa-siapa, tapi untuk saudara sendiri. Begitu pula jika saudara coba-coba untuk kufur, saudara akan merasakan akibatnya sendiri.


saudara akan mendapatkan manfaat dari bersyukur. Pertama, rezeki saudara akan diatambah ‘’jika engkau bersyukur kami akan menambah nikmat kepadamu’’QS Ibrahim ayat 7. Kedua, rasa syukur akan mengubah yang sedikit menjadi lebih berkah, hal ini karena keikhlasan hati saudara dalam menerima nikmat Allah . Ketiga, rasa syukur akan mendatangkan kedamaian. ketiga hal ini akan mengisi kehidupan saudara jika saudara mau bersyukur terhadap apapun yang di berikan Allah kepada saudara.


Bagaimana cara mengundang syukur ?
Kita sudah mengetahui arti syukur, sekarang yang menjadi masalah bagaiman rasa syukur tersebut ada pada diri kita. Ada tiga cara agar syukur melekat pada diri kita.


Pertama, tak kenal maka tak sayang, maksud-Nya ialah saudara harus mengetahiu bahwasanya semua adalah nikmat Allah عزّوجلّ , jika kita tidak menyadari nikmat Allah عزّوجلّ yang berada pada diri kita, mana mungkin kita mau bersyukur, karena hakikat syukur yang pertama adalah ilmu, saudara mungkin perna mengenal ucapan “ yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin” orang miskin akan tambah miskin karena tidak tahu bahwa miskin itu adalah nikmat. seandainya saja yang miskin mau bersyukur, kemiskinan itu pasti akan diganti oleh Allah عزّوجلّ dengan kekayaan yang cukup.


Kedua, siap menerima apapun yang Allah عزّوجلّ berikan, perhatikan hadist berikut:

"Lihatlah kepada orang yang berada di bawahmu dan jangan melihat orang yang berada di atasmu, karena yang demikian lebih patut, agar kalian tidak meremehkan nikmat Allah yang telah diberikan kepadamu"
( Hadits shahîh. oleh al-Bukhari (no. 6490), Muslim (no. 2963), at-Tirmidzi (no. 2513),
dan Ibnu Majah .)


untuk itu kita jangan sampai mempu-Nyai angan angan untuk mempu-Nyai apa yang di miliki orang lain.

Pada hakikatnya semua yang di berikan oleh Allah عزّوجلّ baik musibah maupun kesenangan adalah pemberian Allah عزّوجلّ . Semisal saudara memiliki mata yang cacat saudara harus berusaha untuk menerim kecacatan itu, mengapa?.. karena ada orang lain yang memiliki kecacatan melebihi saudara


Ke tiga, memanfaatkan nikmat sesuai keinginan Allah Artinya lakukanlah segalah sesuatu yang disenangi oleh Allah , dan jangan menyia-nyiakan segala nikmat yang telah Allah berikan.


Sekarang ita sudah tahu apa itu syukur dan seluk beluk-Nya, tinggal hati kita sadar atau tidak?. Bila kita sudah berhasil memiliki rasa syukur, hidup kita akan di jamin oleh Allah aik di dunia maupun di akhirat. Aamiin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar